Munasharah Palestina SalamQu Cendekia

Dari SalamQu untuk Palestina (Bagian 1)

Assalamu`alaikum warrahmatullah wabarakatuh, apa kabar sahabat SalamQu? Mudah-mudahan kita semua dalam kondisi terbaik, iman yang bertambah serta senantiasa ada dalam naungan rahmat dan lindungan Allah swt. Amiiin.

Alhamdulillahirabbil`alamin. Segala puji hanya milik Allah swt, Yang telah menghujamkan keimanan ke dalam hati hamba-hamba-Nya sebagai buah dari aqidah yang lurus dan mempersatukan hati orang-orang yang beriman dalam tali ukhuwah islamiyah yang kokoh sekalipun mereka berasal dari daerah yang berbeda juga berada di tempat yang berjauhan.

Sahabat SalamQu, masih segar dalam ingatan kita baru-baru ini bahwa Palestina, tanah suci para Nabi, kiblat pertama umat Islam, kembali bergejolak. Tidak hanya membangkitkan rasa empati dari umat seaqidah, tetapi juga membangunkan rasa kemanusiaan seluruh umat manusia di segala penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Kaum muslimin,  `alim `ulama, para tokoh, mahasiswa bahkan pelajar turut aktif memberikan bantuan dan dukungan baik secara materil maupun moril kepada Palestina.

Lalu, bagaimana para siswa SMP SalamQu Cendekia Boarding School mengekspresikan kepeduliaannya terhadap apa yang terjadi di Palestina?

Munasharah Palestina SalamQu Cendekia
Munasharah Palestina

Bersebab rasa empati dan rasa memilikinya terhadap Palestina, para siswa SMP SalamQu Cendekia BS ini mengadakan munasharah atau aksi solidaritas dalam serangkaian acara yang bertajuk Dari SalamQu untuk Palestina. Acara ini diseleggarakan pada hari Ahad, tanggal 13 Dzulqaidah 1438 H atau bertepatan dengan tanggal 6 Agustus 2017 di Aula Kampus Kahuripan. Alhamdulillah, Ketua KNRP (Komite Nasional Rakyat Palestina) Kab.Bogor, Bpk. Ir. H. Sumarli yang baru sebulan pulang dari Palestina dapat hadir dan memberikan tausiyah yang begitu bermaknaSelain para siswa dan ustadzah, para wali siswapun ikut hadir dalam acara tersebut. Alhamdulillahirabbil `alamin, para ustadz/ah menilai bahwa para siswa sangat aktif dan enjoy dalam melaksanakan acara ini sehingga acara ini berjalan sukses dan lancar. ­­­­­­­­­­­Adapun penyerahan donasi dilaksanakan dua hari setelahnya, yaitu hari Selasa tanggal 8 Agustus 2017. Total donasi yang terkumpul sebesar Rp 9.127.000 + cincin emas + Rp 200.000,-+ amplop yang belum dibuka karena sampai saat penyerahan masih ada beberapa yang menyusul memberikan donasi baik dari siswa maupun dari ustadz/ah. Allahu akbar!!

Sahabat SalamQu, kegiatan munasharah Palestina ini merupakan proyek (kegiatan) yang pertama bagi siswa-siswi SMP SalamQu Cendekia BS. Untuk diketahui bersama, dalam kurikulum Sekolah Alam, ada sebuah proses pembelajara yang biasa disebut PBL (project base learning). PBL ini merupakan salah satu sarana pembelajaran bagi siswa dengan mengambil spirit learning by doing, yaitu siswa mengerjakan dan menyelesaikan proyeknya sendiri.

Di bawah bimbingan kepala sekolah serta para ustadz/ah, 32 siswa SalamQu yang lincah dan haus akan ilmu ini dikelompokkan menjadi beberapa tim, diantaranya tim acara, tim dekorasi, tim seni, dan tim diskusi kepalestinaan yang dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap siswa memilih kelompok tim yang ingin diikuti sesuai dengan minat, bakat dan kecenderungannya masing-masing. Menurut kepala sekolah, Ust. A. Komarudin, M.Pd. atau yang lebih akrab di panggil Abi Akom, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membuka dan memberia ruang kreatif bagi siswa agar mereka belajar mengenal bakat dan kemampuan sendiri, serta lebih bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang telah dipilihnya masing-masing.

Setiap tim terdiri dari 4-6 siswa dengan tugas yang berbeda-beda. Tim acara bertugas membuat susunan acara, menentukan pengisi acara dan mengatur acara agar terlaksana dengan baik. Tim ini terdiri dari Rahmad Fawwazsyach Ananta, Tsani Andriansyah Ramadhan, Annisa Hadayna Fitria Amroe dan Aisyah Hanifah, dibimbing langsung Abi Akom.

Tim dekorasi bertugas mendekor ruangan sesuai dengan tema acara. Selain itu, tim ini diamanahi untuk membuat kotak infak yang menarik. Tim dekorasi dibimbing oleh Usth. Zahra Indah Kamila, anggota tim terdiri dari Fatih Razzan, Abdullah Azzam Murran, Falatehan Ilba Al Hadi, Kifa Isykarima, dan Amalia Najla Syarifah. Di samping tim dekorasi, ada tim seni yang terdiri dari grup nasyid akhwat: Risya Aqilla Mahmoodah, Farah Salsabila Mufida, Almira Syahrani, Khansa Amani Syahidah, dan Esya Fhatya Zahrah. Grup nasyid ikhwan: Omar Justice Prasetyo dan Khalid Rahman Hakim. Pembacaan puisi oleh Nadia Wafa’ Ramadhani dan Salwa Fitria Muhammad. Tim seni ini mendapat arahan dan bimbingan dari Usth. Syahrina Azmy Salma.

Selanjutnya, tim diskusi kepalestinaan yang terdiri dari 3 kelompok. Kelompok pertama, tim diskusi sejarah konflik Palestina Israel yang dimbing oleh Ustadz Fathan Aziz, tim ini terdari dari M. Syahid Ridho, Ishaq Assalami, Mazaya Nida Afifah, dan Intan Aura Wijaya. Kelompok kedua, tim diskusi sikap sebagai muslim terhadap masalah Palestina. Kelompok ketiga adalah tim diskusi sikap sebagai bangsa Indonesia terhadap masalah Palestina. Kelompok kedua dan ketiga ini dibimbing oleh Bpk. Edy dan Bu Wiwit dengan anggota sebagai berikut: Abdul Qadir Jailani, Al Ghifari Naufal Athaya Muhammad, Daniswara Agraprana, Faiz Abdul Rahman Mahmud, Fatimah Azky Aulia, Ihsan Muzakki Zaidan, M. Handzalah (Hasan), M. Syaffa Arrayyan, M. Wildan, dan Tiara.

Dalam kegiatan munasharah Palestina ini tim acara menyusun beberapa rangkaian acara, diantaranya pembukaan, sambutan kepala sekolah SMP SalamQu Cendekia BS, tausiyah dari ketua KNRP Kab. Bogor, pembacaan puisi, nasyid dan penutupan (doa). Adapun pengumpulan donasi dilaksanakan bersamaan dengan acara-acara di atas.

Bagaimana kronologis jalannya acara munasharah ini? mari kita baca lanjutannya, Dari SalamQu untuk Palestina (Bagian 2)

by Iik Nur Hikmah,S.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *