Reportase SalamQu Ramadhan Fun Camp 2016

sekolah quran boarding school bogor

Alhamdulillah SalamQu Ramadhan Fun Camp, 18-23 Juni 2016 atau 13-18 Ramadhan 1437H, yang diselenggarakan oleh Sekolah Alam Qur’an (SalamQu) Cendekia bekerjasama dengan Madrasah Qur’an Ibnu Hajar, berlangsung dengan lancar di Kampus Kahuripan SMP SalamQuCendekia, Ciawi Bogor.

Menurut ketua panitia, Ust Endang Setiawan, S.Sos I, Al Hafizh, pada acara inianak-anak diarahkan agar akrab dengan al Qur’an, menikmati membaca dan menghafal al qur’an, tidak terbebani dan happy, dengan target menghafalkan surat-surat pilihan: Yasin, Al Kahfi, Al Waqiah, Ar Rahman dan al Mulk.

Ustazah dr Dewi Kusmayanti Al Hafizhoh, sekretaris spanitia Fun Camp mengutarakan bahwa dengan metode yang fun dan tidak membebani, mudah-mudahan anak-anak bisa mendapatkan pengalaman yang membekas dan meilikikecintaan kepada Al Qur’an Acara ini. Diutarakan Bu Dewi, “Seluruhkegiatan di Fun Camp ini dicoba dikemas untukmendukung anak-anak dapat menhafal ke-5 suratini. Imam-imam juga membaca surat ini saat sholat subuh, maghrib, dan isya. Anak-anak diberi penugasan dalam bentuk tilawah kelima surat ini. Juga diperdengarkan melalui pengeras suara sepanjang waktu. Dengan demikian, mudah-mudahan anak merasakan bahwa menghafal itu bukan merupakan sesuatu yang sulit dan mudah, sebagimana janji Allah dlm Al Qur’an surat Al Qomar.”

sekolah alquran modern
sekolah alquran modern

Menurut Ustazah Dewi, Fun Camp ini juga memasukan kegiatan untuk membangunkarakter kepemimpinan anak, misalnya ada anak-anak bergantian azan, kultum, beranibertanya, tasmi’, inisiatif membereskan sepatu-sepatu yang berantakan dan seterusnya. Panitia memberikan reward sederhana dalam bentuk pin dari setiap kebiasaan baik yang dilakukan anak-anak.

Lihat foto dan saksikan video kegiatan SalamQu Ramadhan Fun Camp