Shalat Idul Adha di SMP SalamQu Cendekia

Allahu akbar! Allahu akbar!  Allahu akbar walillahilhamdu!

Sahabat SalamQu yang dirahmati Allah, Idul Adha merupakan salah satu hari raya atau hari besar umat Islam. Tentunya, setiap muslim dimanapun berada akan melaksanakan atau merayakan hari tersebut, termasuk di SMP Sekolah Alam Quran Cendekia. Hari raya Idul Adha yang juga disebut hari raya Idul Qurban ini merupakan PBL ke-3 bagi siswa.

Shalat Idul Adha di SMP SalamQu Cendekia
Shalat Idul Adha di SMP SalamQu Cendekia

Dalam merayakan hari raya Idul Qurban yang bertepatan dengan hari Jumat tanggal 1 September 2017 atau 10 Dzulhijjah 1438 H ini, seluruh civitas akademika SMP SalamQu Cendekia melaksanakan Sholat Idul Adha dan ibadah qurban di lingkungan sekolah. Adapun hewan qurban di sekolah para penghafal Quran ini berjumlah 1 ekor sapi, 1 ekor domba dan 2 ekor kambing. Berikut ini adalah daftar nama-nama pequrban di SMP SalamQu Cendekia:

Sapi :

  1. Fatimah Azky Aulia binti Danan Purwanto
  2. Hana Ayudia Fidiyanto binti Heru Fidiyanto
  3. Kel. Bpk. Russul Suwargana bin Masna
  4. Bpk. Asnawi bin Hasyim
  5. Ibu Habsiah Bahsin binti Ahmad Bahsin
  6. Bpk. Fuan bin Budiman
  7. Arif Gunawan bin Sugito

Domba :

Kel. Bpk. Eddy Priyanto bin Suharto

Kambing :

  1. Omar Justice Prasetyo bin Ananto Pratikno
  2. Ishaq Assalami bin Sadari

Para siswa dan seluruh civitas akademika SMP SalamQu melihat prosesi pemotongan hewan qurban. Mereka juga ikut membantu mencacah dan membungkus daging yang akan dibagikan kepada warga sekitar. Mereka melakukannya dengan tertib. Hal ini dikarenakan mereka mengikuti materi kepesantrenan yang berkaitan dengan Idul Adha dan mengambil pelajaran dari PBL-PBL sebelumnya.

Lomba Nyate SMP SalamQu Cendekia
Lomba Nyate SMP SalamQu Cendekia

Selain Sholat Id dan pemotongan hewan qurban, para siswa juga mengadakan lomba nyate di hari berikutnya. Mereka sangat senang dan enjoy mengikuti semua kegiatan. Adapun target atau tujuan dari PBL ke-3 ini adalah siswa belajar langsung fiqih Idul Adha dan ibadah qurban sambil meresapi makna keduanya dengan didasari pemahaman yang baik tentang sejarah para Nabi, dalam hal ini sejarah Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS.