GALERI

  • Kegiatan Unggulan Project Based Learning
  • Kegiatan Belajar Mengajar
  • Kegiatan Guru
  • Kegiatan Lainnya
  • TEROKA ALAM
  • LONG MARCH
  • SOLO BIVAK
  • BATTLE PLAN

“Dan Kami telah menjadikan di bumi ini, gunung-gunung yang kokoh agar dia (tidak) guncang bersama mereka, dan Kami jadikan (pula) di sana jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk” (QS Al Anbiya: 31)

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 9 ini adalah puncak dari KBM Leadership di SMP SalamQu Cendekia.  Tujuan utamanya adalah menyelesaikan tantangan mendaki gunung, mulai dari perencanaan, persiapan sampai pelaksanaan dan mengambil  hikmah dari setiap tahap kegiatan yang dilakukan.

Pengalaman dan pengayaan yang didapat selama 3(tiga) tahun pembelajaran leadership, diimplentasikan dalam kegiatan yang melibatkan berbagai aspek dan saling mengait dengan KBM lainnya. 

Pada fase perencanaan dan persiapan, siswa melakukan latihan fisik, menguatkan kondisi ruhiyah dengan berbagai amalan sunnah dan memperkaya diri dengan pengetahuan pendakian gunung dan dasar-dasar survival serta berproses dalam dinamika kerjasama dalam kelompok.

Dari KBM kepesantrenan dan Qur’an, kegiatan ini menjadi sarana siswa dan para guru mengamalkan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas, seperti adab-adab dan tata cara beribadah selama perjalanan, dan tadabur ayat-ayat yang terkait dengan penciptaan alam semesta.

“Tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa…” (QS Al Maidah: 2)

Bagian akhir dari persiapan menjelang TAROKA ALAM. Siswa/i kelas 9 melakukan perjalanan panjang kurang-lebih 13 – 15 km sebagai bentuk simulasi dari perjalanan pendakian gunung yang akan dilakukan. Siswa diharapkan mendapat  pengalaman pribadi tentang bagaimana cara-cara  menyesuaikan diri dalam berjalan meniti tanjakan, melaju menuruni turunan, menghadapi panas yang menyengat dan sebagainya sebagai mana tantangan dalam sebuah perjalanan panjang. Di sisi emosional dan perjalanan kelompok, Long March menjadi tempat untuk mengenali karakter dan kemampuan teman satu kelompok perjalanan. Siswa dapat belajar untuk saling memberi semangat dan menguatkan temannya untuk menyelesaikan tantangan Long March

“….Kemudian, apabila kamu telah mebulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Alloh. Sungguh, Alloh mencintai orang-orang yang bertawakal” (QS Al Imran: 159)

Berdiam seorang diri sepanjang malam dalam bivak (tenda sementara) yang dibuat masing-masing siswa. Kegiatan ini menjadi sarana bagi siswa untuk belajar berani, sendiri di tempat yang tidak dikenal dan membangun kepasrahan yang total kepada Sang Maha Penjaga, disamping sebagai ajang untuk mempraktekkan ilmu bertahan hidup (surival), khususnya dalam mendirikan tempat berteduh yang memadai dari terjangan angin malam dan juga binatang liar. Selain itu, berdiam sendiri memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat melakukan refleksi dan muhasabah.

“Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki….” (QS Al Anfal: 60)

Berbagai tantangan diakhir kelas 9, ujian akhir sekolah, tes masuk sekolah lanjutan misalnya , perlu disikapi dengan pikiran dan semangat positif sambil mempersiapkan langkah-langkah teknis dan taktis berdasarkan strategi yang siswa miliki. Persiapan ini dituangkan dalam sebuah rencana jadwal kegiatan harian yang disebut sebagai Battle Plan, Rencana Tempur untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut.