smp islam unggulan di bogor

Kurikulum Sekolah Alam Qur’an (SalamQu) Cendekia disusun sesuai dengan visi dan misi serta filosofi sekolah, dikelompokkan menjadi 3 bagian besar yang meliputi: Kurikulum al Qur’an, Kurikulum Kepemimpinan dan Kurikulum Akademik.

Titik berat pada interaksi dengan al Qur’an dan target menjadi hafidz Qur’an 30 juz selama 3 tahun dimuat dalam kurikulum al Qur’an. Jumlah hafalan setiap kelas adalah sebagai berikut: kelas 7 target 11 juz, kelas 8 target 14 juz, kelas 9 target 5 juz. Di dalamnya memuat 4 tahapan yaitu: tahap pra tahsin, tahap tahsin, tahap tahfiz dan tahap murojaah. Di setiap tahapan menggunakan metode yang bervariasi dengan melibatkan interaksi penglihatan, pendengaran dan gerakan tubuh. Untuk mencapai target hafalan 30 Juz, maka kurikulum al Qur’an memaksimalkan metode pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa.

Baca Juga : Fasilitas Sekolah Salamqu Cendkia

Kurikulum kepemimpinan sekolah quran SalamQu Cendekia Bogor dimaksudkan untuk mendukung lahirnya generasi Qur’ani yang memiliki karakter pemimpin. Model leadership yang dipilih Salam Qu adalah konsep leadership yang mengacu pada khalifatullah fil ard (QS Al Baqarah ayat 30) yang menumbuhkan karakter kepemimpinan dimulai dari kemampuan mengenal diri, kemudian lingkungan, masyarakat, negara dan dunia. Kemampuan memimpin ini dibangun melalui 3 tahapan yaitu: mengenal diri, mengatur diri sendiri dan dinamika kelompok. Dalam prakteknya selama pembelajaran 3 tahun program pembelajaran disesuaikan dengan proses tumbuh kembang siswa. Metode yang digunakan dalam menumbuhkan leadership dapat merupakan  gabungan teori dan aplikasi manajemen kepemimpinan islam dan teori manajemen kepemimpinan barat.

Baca juga : Target Kurikulum SalamQu Cendekia

Sekolah alam Quran SalamQu Cendekia Bogor memfasilitasi siswa agar memiliki penguasaan akademik, dimana siswa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari. Dengan demikian siswa diharapkan memahami pentingnya penguasaan ilmu dan teknologi. Titik berat kurikululum pendidikan nasonal adalah pada 4 mata pelajaran yang akan diuji pada Ujian Nasional, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Selain itu, akan dilakukan pengadaan kurikulum akademik yang mengacu pada kisi-kisi Ujian Nasional. Waktu belajar siswa difokuskan pada materi ujian. Sehingga efisiensi dan efektifitas belajar siswa lebih maksimal. Selain metode penyampaian teori yang bersifat satu arah juga dilakukan proses interaktif yang bervariasi. Bersifat perorangan maupun kelompok. Kegiatan belajar juga dilakukan dengan lokasi dan suasana yang variatif, baik indoor maupun outdoor dan studi lapangan. Kesemuanya diarahkan untuk menjaga suasana dan kenyamanan siswa selama proses belajar.

Seluruh kurikulum sekolah alam bogor SalamQu Cendekia  merupakan kerangka kerja yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan dan perkembangan zaman. Kurikulum ini bersifat fleksibel, proses pengembangan kurikulum dapat dilakukan oleh tim guru dalam kurun waktu tertentu berdasarkan evaluasi pelaksanaan kurikulum maupun perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Juga dapat dilakukan dengan studi banding baik dengan lembaga serupa maupun penilaian para ahli terhadap proses yang sudah berjalan.

Untuk Informasi Pendaftaran Klik Disini