SMP SalamQu Cendekia
SMP SalamQu Cendekia

Ust. PRIASTO AJI, S.E.,M.Sc

Sekolah Alam Quran SalamQu Cendekia Bogor diselenggarakan oleh Yayasan SalamQu Cendekia. Yayasan ini disahkan oleh SK Dephukham RI no AHU-0002489.AH.01.04, tahun 2015, dengan Bapak Priasto Aji, SE., M.Sc sebagai Ketua Yayasan. Bapak Priasto Aji, SE., M.Sc adalah seorang professional. Bapak Priasto Aji, SE., M.Sc memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Padjadjaran, Bandung, MSc in Bussiness Economics dari Universitas Strathclyde, Glasgow, UK, dan saat ini sedang menyelesaikan gelar doctor di bidang ekonomi dari Universitas Siena, Italia. Bapak Aji mendirikan dan mengelola SDIT Nahwa Nur, Rumah Qur’an Nahwa Nur, Pesantren Penghafal Qur’an Yatim dan Dhu’afa PPQ Nahwa Nur, dan Nahwa Nur Youth Center di bawah Yayasan Nahwa Nur sejak tahun 2007-sekarang yang berlokasi di kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

SMP SalamQu Cendekia

Ir. RUSSUL SUWARGHANA, M.BA

Sebagai koordinator pengembangan kurikulum kepemimpinan dan pendidikan nasional SalamQu Cendekia, adalah seorang professional lulusan Fakultas Sipil dan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Menjadi bagian dari komunitas Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 2005 sampai saat saat ini dan menjadi pengurus Dewan Sekolah Alam Indonesia periode  tahun 2008-2011 dan 2014 – 2017.

SMP SalamQu Cendekia

USTADZAH dr. DEWI KUSMAYANTI AL HAFIDZOH

Ustz dr Dewi Kusmayanti al Hafizhah adalah dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang merupakan alumnus Mukhoyam Qur’an Nasional (MQN) yang diselenggarakan oleh Markaz Qur’an Kalisari pimpinan Ust Abdul Azis Abdur Rauf, Lc, al Hafidz. Aktif sebagai santri di LTQ Al Utsmani Condet pimpinan Ust Efendi Anwar, Lc Al Hafidz sejak tahun 2006 sampai sekarang. Di Tingkat Nasional, Ustz Dewi menjadi peserta Temu Hafidz Nasional (THN) I bulan Mei 2016 di Magelang & Temu Hafidz Nasional (THN) II bulan Desember 2016 di Bandung. Saat ini Ustazah Dewi bersama Ustadz Endang Setiawan Al Hafizh mengangani pengembangan kurikulum Al Qur’an SalamQu Cendekia.

SMP SalamQu Cendekia

A. KOMARUDIN, S.Pd.,M.Pd

Ustadz A. Komarudin, S.Pd., M.Pd. atau yang lebih akrab dengan sapaan Abi Akom adalah Kepala Sekolah SMP SalamQu Cendekia yang humble dan energik. Ia sangat menyukai dunia tulis menulis dan pembinaan tahsin Al Quran. Di samping itu, ia memiliki minat lebih pula pada dunia sejarah, khususnya sejarah islam. Dua buku tentang sejarah islam telah lahir dari tangannya, Meneropong Gemintang Nabi & Mozaik Kepemimpinan Muslim (terbit tahun 2014 & 2015).

Ayah tiga anak yang gemar dengan ilmu bahasa dan mencintai sastra ini menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah atas di kota kelahirannya, Sukabumi. Ia kemudian berhasil mendapat predikat cum laude di jenjang pendidikan tinggi pada jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dua tahun kemudian, kegemaran dan kecintaannya pada dunia bahasa dan sastra ia kuatkan kembali di Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia pada program studi yang linier dengan S-1nya.

Semasa kuliah, Ketua Umum UKM BAQI UPI tahun 2011 (Unit Kegiatan Mahasiswa Belajar Al Quran Intensif Universitas Pendidikan Indonesia) ini tercatat sebagai santri Program Pesantren Mahasiswa angkatan II Ponpes Daarut Tauhiid Bandung, asuhan KH. Abdullah Gymnastiar, Aa Gym. Selain itu, di samping berperan ganda sebagai mahasiswa juga sebagai santri, ia pun tercatat aktif sebagai salah satu Koordinator Wilayah Program BsPI (Beasiswa Percikan Iman) yang menangani urusan pendidikan dan pembinaan keislaman untuk mahasiswa dan pelajar di wilayah Bandung Barat I. BsPI merupakan salah satu program Yayasan Percikan Iman yang dibina oleh pakar Dakwah dan Komunikasi, Dr. Aam Amirudin, M. Si.

Sejak 2006 hingga saat ini, Abi Akom telah mendedikasikan hidupnya untuk Dunia Dakwah, Pendidikan, dan Pembinaan Tahsin Al Quran. Beberapa lembaga yang pernah dibina olehnya antara lain: SMPN 6 Kota Sukabumi, SMPN 2 Kota Sukabumi, SMAN 4 Kota Sukabumi, SMP Darul Hikmah Bandung, SMK Nur Madina Bandung, Program Pesantren Mahasiswa Daarut Tauhiid Bandung, Lapas Sukamiskin, UKM BAQI UPI, Lembaga Asistensi MKDU PAI (Program Turorial Universitas Pendidikan Indonesia), ABQ D3 FPMIPA UNPAD, BsPI Bandung (Yayasan Percikan Iman), Hima Himi Persis Bandung (UPI & UIN Bandung), IDA (Ikatan Mahasiswa Indramayu) Chapter UPI, PHTM Al Asy’ari Universitas Islam Bandung, Beberapa Himpunan Mahasiswa dan Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, Yayasan Pondok Pesantren Binaul Ummah Kuningan, dan lebih dari 40 lembaga pengguna Metode Ummi Wilayah Kuningan, Majalengka, Cirebon dan Brebes.

BAPAK SUTARMAN, S.AP

sebagai Koordinator bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan SalamQu. Bapak Sutarman adalah pendiri sekaligus ketua Yayasan Al Fitrah untuk menaungi kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan usia dini yaitu RA Al Fitrah (2009-sekarang). Sebagai site manager pada pembangunan asrama pesantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, sebagai mitra PT. Cipta Mandiri Nusantara (CMN) dan PKPU dalam pembangunan fisik sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang.

Teknis Pendaftaran silakan klik di sini

PEMBINA KAMI

SMP SalamQu Cendekia

USTADZ AWAL BEKARI, AK

Sekolah Alam Quran SalamQu Cendekia Bogor diselenggarakan oleh Yayasan SalamQu Cendekia. Yayasan ini disahkan oleh SK Dephukham RI no AHU-0002489.AH.01.04, tahun 2015, dengan Bapak Awal Bekari, Ak sebagai Pembina dan Bapak Priasto Aji, SE, MSc sebagai Ketua Yayasan. Baik Pak Awal maupun Pak Aji adalah seorang professional. Pak Awal memperoleh gelar akuntan nya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Bapak Awal dan Bapak Aji mendirikan dan mengelola SDIT Nahwa Nur, Rumah Qur’an Nahwa Nur, Pesantren Penghafal Qur’an Yatim dan Dhu’afa PPQ Nahwa Nur, dan Nahwa Nur Youth Center di bawah Yayasan Nahwa Nur sejak tahun 2007-sekarang yang berlokasi di kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

SMP SalamQu Cendekia

Ust. MUHAMMAD IQBAL, Lc Al Hafizh

Ust Muhammad Iqbal adalah Direktur Pendidikan Sekolah Alam Qur’an Cendekia. Pendidikan dasarnya dilalui di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqon di Bandung dan menyelesaikan pendidikan Tsanawiyah & Aliyahnya di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat.

Tahun 2004, Ust. Iqbal menyelesaikan pendidikan Tahfidz & ilmu Al Qur’an di Lembaga Tahfidz Qur’an (LTQ) Asy Syifa Subang Jawa Barat. Selanjutnya beliau memperdalam pengetahuan agamanya di LIPIA Jakarta dalam bidang syariah, setelah sebelumnya menjalani program I’dad Bahasa & Takmily di lembaga yang sama.

Malang melintang di dunia pendidikan dilakoninya sejak tahun 2011 di SMP Qur’an Al Ihsan Kebagusan Jakarta dengan berbagai amanah yang berkaitan dengan pembelajaran Al Qur’an & Bahasa Arab mulai dari Guru Bahasa Arab, Tafsir & Siroh, Tahfidz Al Qur’an, Pembina Asrama, kepala bidang kepesantrenan, wakil kepala sekolah, Kepala Sekolah  sampai akhirnya menjadi Litbang di tahun 2015-2016. Saat ini, Ust Iqbal menjadi konsultan & Pembina SMP Qur’an Annayyiroh Depok, SMP Qur’an Insan Pratama Balaraja dan menjadi Kepala Pengembangan Program Tahfidz di Sekolah Qur’an Indonesia serta aktif dalam memberikan pengajaran, kajian dan pelatihan Al Qur’an & keislaman di berbagai sekolah, lembaga & masjid di Jabodetabek.

SMP SalamQu Cendekia

Ustadz Endang Setiawan, S.Sos, I, Al Hafizh

Bapak Endang menjalani pendidikan Al-Qur’an sejak masih SMA dengan menyantri di Pondok Pesantren Hidayatul Mukhlisin, Sukabumi. Tahun 2006 beliau hijrah ke Pesantren Al-Qur’an Al-Askar- Bogor untuk menghafal Al-Qur’an. Tahun 2008 hijrah lagi ke Jakarta, sempat nyantri di Sekolah tinggi Tahfizh Al-Qur’an Al-Amanah, Cibubur, dan kemudian mondok di Pesantren Markaz Al-Qur’an – Pasar Rebo, Jakarta. Serta mulazamah kepada guru-guru Al-Qur’an. Semenjak itu beliau aktif menjadi pengajar Al-Qur’an, Trainer, dan pembimbing/ pengasuh di beberapa lembaga Qur’an di daerah Depok-Bogor. Pengalaman beliau antara lain: Guru Al-Qur’an SMP Islam Malahayati, Cijantung- Jakarta (2009); Guru Al-Qur’an SDIT Rahmani, Depok (2010); Ketua Rumah Qur’an YANIBA, Depok (2010 – 2011); Ketua Yayasan Ibnu Hajar Cendekia, Depok (2012-sekarang); pendiri dan Kepala Pengajar Rumah Qur’an Nahwa Nur, Bojong Gede- Bogor (2012- 2014); Penanggung jawab PPQ (Pondok Penghafal Qur’an) Nahwa Nur, Bojong Gede- Bogor (2012-2015); Guru Agama SMA Madrasah Internasional Techno Natura, Depok (2010-2013); dan pendiri PQ Az-zahra Purwakarta (2013).