brosur smp sekolah boarding school islam bogor

Profil Kami

 

brosur smp sekolah boarding school islam bogor

Konsep Pendidikan, Visi, dan Misi

SEKOLAH ALAM QURAN CENDEKIA (SalamQu Cendekia) adalah sebuah  Lembaga Pendidikan Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) berasrama bagi putra dan putri di Kabupaten Bogor, yang mengintegrasikan kurikulum al Qur’an, kepemimpinan, dan pendidikan nasional, dengan metoda pendekatan sekolah alam.

Sekolah alam Alquran ( Salamqu Cendekia ) Bogor pada dasarnya adalah bentuk pendidikan alternatif yang menggunakan alam semesta sebagai tempat belajar, bahan mengajar dan juga sebagai objek pembelajaran. Dengan konsep pendidikan ini para siswa diharapkan bisa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari. Sekolah alam Quran (SalamQu Cendekia) Bogor melaksanakan program pendidikan nasional regular, bukan merupakan program kejar paket B.

Visi Kami

Menjadi lembaga pendidikan yang menyiapkan generasi Qurani yang hafidz, memiliki akhlaq mulia, jiwa kepemimpinan dan semangat pembelajar

Misi Kami

  • Mengupayakan terselenggaranya sistem pendidikan yang menanamkan kecintaan peserta didik terhadap Al Qur’an
  • Mengupayakan terciptanya lingkungan yang kondusif  bagi pembentukan peserta didik yang memiliki akhlaq dan kepemimpinan Qur’ani
  • Mengupayakan terselenggaranya pembelajaran yang membekali peserta didik dengan materi ujian nasional
  • Mengoptimalkan pendayagunaan alam sekitar sebagai sarana pembelajaran bagi peserta didik

Kerjasama

Sekolah Alam Qur’an Cendekia bekerjasama dengan Sekolah Alam Indonesia, sebagai pelopor pendidikan sekolah alam di Indonesia, menyusun kurikulum SMP SalamQu Cendekia.

Kurikulum

Kurikulum Sekolah Alam Qur’an (SalamQu) Cendekia disusun sesuai dengan visi dan misi serta filosofi sekolah, dikelompokkan menjadi 3 bagian besar yang meliputi: Kurikulum al Qur’an, Kurikulum Kepemimpinan dan Kurikulum Akademik.

Titik berat pada interaksi dengan al Qur’an dan target menjadi hafidz Qur’an 30 juz selama 3 tahun dimuat dalam kurikulum al Qur’an. Jumlah hafalan setiap kelas adalah sebagai berikut: kelas 7 target 11 juz, kelas 8 target 14 juz, kelas 9 target 5 juz. Di dalamnya memuat 4 tahapan yaitu: tahap pra tahsin, tahap tahsin, tahap tahfiz dan tahap murojaah. Di setiap tahapan menggunakan metode yang bervariasi dengan melibatkan interaksi penglihatan, pendengaran dan gerakan tubuh. Untuk mencapai target hafalan 30 Juz, maka kurikulum al Qur’an memaksimalkan metode pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa.

Kurikulum kepemimpinan sekolah quran SalamQu Cendekia Bogor dimaksudkan untuk mendukung lahirnya generasi Qur’ani yang memiliki karakter pemimpin. Model leadership yang dipilih Salam Qu adalah konsep leadership yang mengacu pada khalifatullah fil ard (QS Al Baqarah ayat 30) yang menumbuhkan karakter kepemimpinan dimulai dari kemampuan mengenal diri, kemudian lingkungan, masyarakat, negara dan dunia. Kemampuan memimpin ini dibangun melalui 3 tahapan yaitu: mengenal diri, mengatur diri sendiri dan dinamika kelompok. Dalam prakteknya selama pembelajaran 3 tahun program pembelajaran disesuaikan dengan proses tumbuh kembang siswa. Metode yang digunakan dalam menumbuhkan leadership dapat merupakan  gabungan teori dan aplikasi manajemen kepemimpinan islam dan teori manajemen kepemimpinan barat.

Sekolah alam Quran SalamQu Cendekia Bogor memfasilitasi siswa agar memiliki penguasaan akademik, dimana siswa belajar dari alam lingkungan sekitar dan mengaitkan pelajaran serta menerapkan ilmu yang didapat dengan kehidupan nyata sehari-hari. Dengan demikian siswa diharapkan memahami pentingnya penguasaan ilmu dan teknologi. Titik berat kurikululum pendidikan nasonal adalah pada 4 mata pelajaran yang akan diuji pada Ujian Nasional, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Selain itu, akan dilakukan pengadaan kurikulum akademik yang mengacu pada kisi-kisi Ujian Nasional. Waktu belajar siswa difokuskan pada materi ujian. Sehingga efisiensi dan efektifitas belajar siswa lebih maksimal. Selain metode penyampaian teori yang bersifat satu arah juga dilakukan proses interaktif yang bervariasi. Bersifat perorangan maupun kelompok. Kegiatan belajar juga dilakukan dengan lokasi dan suasana yang variatif, baik indoor maupun outdoor dan studi lapangan. Kesemuanya diarahkan untuk menjaga suasana dan kenyamanan siswa selama proses belajar.

Seluruh kurikulum sekolah alam bogor SalamQu Cendekia  merupakan kerangka kerja yang dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi lingkungan dan perkembangan zaman. Kurikulum ini bersifat fleksibel, proses pengembangan kurikulum dapat dilakukan oleh tim guru dalam kurun waktu tertentu berdasarkan evaluasi pelaksanaan kurikulum maupun perkembangan ilmu pengetahuan yang ada. Juga dapat dilakukan dengan studi banding baik dengan lembaga serupa maupun penilaian para ahli terhadap proses yang sudah berjalan.

Target Kurikulum, Metode dan Program

Target Kurikulum:

  • Cinta Al Qur’an
  • Hafal Al Qur’an 30 Juz
  • Memahami pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan
  • Lulus Ujian Nasional
  • Memiliki Akhlaq mulia
  • Memiliki karakter kepemimpinan

Metode:

  • ‘Fun Learning’
  • Tilawah ‘Famy Bisyauqin’
  • Proyek individu dan kelas
  • Keteladanan
  • Outbond
  • Organisasi
  • Manajemen Kegiatan
  • Kehidupan berasrama

Program:

  • Tilawah Famy Bisyauqin
  • Outbound
  • Ziarah: Ulama tahfidz
  • Outing: Perjalanan 3-7 hari
  • Program hari besar Islam: Ramadhan Idul Fitri (tarhib, baksos, TOR, itikaf) , Tahun Baru Hijriah (muhasabah, lomba2), Idul Kurban
  • MHQ: internal dan eksternal

Tim Kami

SalamQu Cendekia diselenggarakan oleh Yayasan Pembelajaran Al Qur’an dan Kepemimpinan Al Fatih. Yayasan ini disahkan oleh SK Dephukham RI no AHU-0002489.AH.01.04, tahun 2015, dengan Bapak Awal Bekari, Ak sebagai Pembina dan Bapak Priasto Aji, SE, MSc sebagai Ketua Yayasan. Baik Pak Awal maupun Pak Aji adalah seorang professional. Pak Awal memperoleh gelar akuntan nya dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Pak Aji memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomi Padjadjaran, Bandung, MSc in Bussiness Economics dari Universitas Strathclyde, Glasgow, UK, dan saat ini sedang menyelesaikan gelar doctor di bidang ekonomi dari Universitas Siena, Italia. Bapak Awal dan Bapak Aji mendirikan dan mengelola SDIT Nahwa Nur (http://sdit.nahwanur.or.id), Rumah Qur’an Nahwa Nur (http://sdit.nahwanur.or.id), Pesantren Penghafal Qur’an Yatim dan Dhu’afa (PPQ) Nahwa Nur (http://penghafalquran.nahwanur.or.id), dan Nahwa Nur Youth Center di bawah Yayasan Nahwa Nur sejak tahun 2007-sekarang yang berlokasi di kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ust Muhammad Iqbal adalahDirekturPendidikanSekolahAlam Qur’an Cendekia. Pendidikandasarnyadilalui di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqon di BandungdanmenyelesaikanpendidikanTsanawiyah&Aliyahnya di PonpesHusnulKhotimahKuninganJawa Barat.

Tahun 2004, Ust. Iqbal menyelesaikanpendidikanTahfidz&ilmu Al Qur’an di LembagaTahfidz Qur’an (LTQ) AsySyifaSubangJawa Barat. Selanjutnyabeliaumemperdalampengetahuanagamanya di LIPIA Jakarta dalambidangsyariah,setelahsebelumnyamenjalani program I’dad Bahasa &Takmily di lembaga yang sama.

Malang melintang di duniapendidikandilakoninyasejaktahun 2011 di SMP Qur’an Al IhsanKebagusan Jakartadenganberbagaiamanah yang berkaitandenganpembelajaran Al Qur’an & Bahasa Arab mulaidariGuru Bahasa Arab, Tafsir&Siroh, Tahfidz Al Qur’an, Pembina Asrama, kepalabidangkepesantrenan, wakil kepalasekolah, KepalaSekolahsampaiakhirnyamenjadiLitbang di tahun 2015-2016. Saatini, Ust Iqbal menjadikonsultan& Pembina SMP Qur’an Annayyiroh Depok, SMP Qur’an InsanPratamaBalarajadanmenjadiKepalaPengembangan Program Tahfidz di Sekolah Qur’an Indonesia sertaaktifdalammemberikanpengajaran, kajiandanpelatihan Al Qur’an &keislaman di berbagaisekolah, lembaga& masjid di Jabodetabek

Russul Suwargana, MBA sebagai koordinator pengembangan kurikulum kepemimpinan dan pendidikan nasional SalamQu Cendekia, adalah seorang professional lulusan Fakultas Sipil dan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Menjadi bagian dari komunitas Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 2005 sampai saat saat ini dan menjadi pengurus Dewan Sekolah Alam Indonesia periode  tahun 2008-2011 dan 2014 – 2017.

Ustz dr Dewi Kusmayanti al Hafizhah adalah dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang merupakan alumnus Mukhoyam Qur’an Nasional (MQN) yang diselenggarakan oleh Markaz Qur’an Kalisari pimpinan Ust Abdul Azis Abdur Rauf, Lc, al Hafidz. Aktif sebagai santri di LTQ Al Utsmani Condet pimpinan Ust Efendi Anwar, Lc Al Hafidz sejak tahun 2006 sampai sekarang. Di Tingkat Nasional, Ustz Dewi menjadi peserta Temu Hafidz Nasional (THN) I bulan Mei 2016 di Magelang & Temu Hafidz Nasional (THN) II bulan Desember 2016 di Bandung. Saat ini Ustazah Dewi bersama Ustadz Endang Setiawan Al Hafizh mengangani pengembangan kurikulum Al Qur’an SalamQu Cendekia.

Menjadi bagian dari komunitas Sekolah Alam Indonesia, sejak tahun 2005 sampai saat ini. Di Sekolah Alam Indonesia, Ustazah Dewi aktif menjadi redaksi bulletin IFSA, media informasi dan komunikasi komunitas Sekolah Alam Indonesia sejak tahun 2009 dan menjadi pengurus Dewan Sekolah Alam Indonesia periode 2011-2014. Saat ini Ustazah Dewi bersama Ustadz Endang Setiawan menangani pengembangan kurikulum Al Qur’an SalamQu.

Ustadz Endang Setiawan, S.Sos, I, Al Hafizh sebagai koordinator pengembangan kurikulum Al Qur’an SalamQu. Bapak Endang menjalani pendidikan Al-Qur’an sejak masih SMA dengan menyantri di Pondok Pesantren Hidayatul Mukhlisin, Sukabumi. Tahun 2006 beliau hijrah ke Pesantren Al-Qur’an Al-Askar- Bogor untuk menghafal Al-Qur’an. Tahun 2008 hijrah lagi ke Jakarta, sempat nyantri di Sekolah tinggi Tahfizh Al-Qur’an Al-Amanah, Cibubur, dan kemudian mondok di Pesantren Markaz Al-Qur’an – Pasar Rebo, Jakarta. Serta mulazamah kepada guru-guru Al-Qur’an. Semenjak itu beliau aktif menjadi pengajar Al-Qur’an, Trainer, dan pembimbing/ pengasuh di beberapa lembaga Qur’an di daerah Depok-Bogor. Pengalaman beliau antara lain: Guru Al-Qur’an SMP Islam Malahayati, Cijantung- Jakarta (2009); Guru Al-Qur’an SDIT Rahmani, Depok (2010); Ketua Rumah Qur’an YANIBA, Depok (2010 – 2011); Ketua Yayasan Ibnu Hajar Cendekia, Depok (2012-sekarang); pendiri dan Kepala Pengajar Rumah Qur’an Nahwa Nur, Bojong Gede- Bogor (2012- 2014); Penanggung jawab PPQ (Pondok Penghafal Qur’an) Nahwa Nur, Bojong Gede- Bogor (2012-2015); Guru Agama SMA Madrasah Internasional Techno Natura, Depok (2010-2013); dan pendiri PQ Az-zahra Purwakarta (2013).

Bapak Sutarman, S.AP sebagai Koordinator bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan SalamQu. Bapak Sutarman adalah pendiri sekaligus ketua Yayasan Al Fitrah untuk menaungi kegiatan yang bergerak dalam bidang pendidikan usia dini yaitu RA Al Fitrah (2009-sekarang). Sebagai site manager pada pembangunan asrama pesantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, sebagai mitra PT. Cipta Mandiri Nusantara (CMN) dan PKPU dalam pembangunan fisik sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang.

2 Komentar pada “Profil Kami”

  1. […] Baca juga; Sekolah alam Quran SalamQu Cendekia […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *